Minggu, 15 Januari 2017

Dasar Sistem Kontrol

1.      Saya dan dunia Elektro
Pada awalnya saya sendiri belum memiliki gambaran tentang apa itu elektro fungsi dan perannya dalam dunia. Sebelumnya saya sendiri pernah mengikuti pelajaran dan praktikum elektro pada saat duduk dibangku SMP, walaupun begitu saya masih belum tau tentang apaitu elektro? Kemudian disaat saya memilih untuk melanjutkan sekolah saya di SMK awalya saya sendiri menginginkan jurusan Komputer. Perkenalan saya didunia elektro pun secara tidak sengaja diawali ajakan teman rumah untuk ikut mengantar mengambil ijasah diSMKnya setelah saya sampai dan berkelilinng saya lihat fasilitas dan sekolahnya sangan lengkap terutama dibidang elektronya saya makin penasaran dengan dunia elektro dan selang seminggu setelah pengumuman bahwa saya tidak lulus untuk masuk SMA negri maka langsung saya putuskan untuk masuk ke SMK dengan jurusan elektro. Singkat cerita di SMK tempat saya menimba ilmu jurusan elektro sendiri tidak digolongkan/dipisah seperti SMK umumnya disana saya mempelajari Elektronika dan Ketenaga listrikan, disekolah saya pun ada sebuah departemen tiap jurusan yang setiap selesai jam sekolah ada kegiatan dibengkel seperti dibengkel elektro kami seperti Electrical Engineering dilingkungan sekolah jika ada trobel,pemasangan dan pemeliharaan instalasi maupun barang elektronik milik sekolah tidak jarang kami mendapatkan orderan dari luar sekolah baik industry,bengkel hingga rumahan untuk memasang instalasi listrik dan panel listrik. Mulai dari situ saya ikuti dan akhirnya saya memilih elektro sebagai jalan hidup saya. Dan saat dibangku kuliah saya memilih konsentrasi elektronika karena dibidang Ketenaga listrikan dan dibidang control saya alhamdulilah sudah memiliki bekal dari pengalaman dan pembelajaran baik didalam dan diluar saat saya duduk dibangku SMK, karena saya ingin mempunyai ilmu di konsentrasi arus lemah juga agar saya dapat memadukan antara ilmu arus kuat dan arus lemah. Seperti yang diketahui diindonesia sendiri untuk pekerjaan,berwirausaha dan berinovasi diindonesia dibidang elektro ini sangat menjanjikan karena diindonesia lulusan dijurusan elektro sangat dibutuhkan maka dari itu saya harus memiliki ilmu dibidang elektro baik arus lemah maupun arus kuat. Dan bila saya mempunyai kesempatan dan rezeki saya sangat ingin untuk melanjutkan studi saya didunia elektro ini agar saya tidak hanya menjadi pengguna ataupun perencana tapi saya ingin melakukan inovasi dibidang elektro yang saat ini perkembangannya sangat pesat dan sangat dibutuhkan terutama didaerah pelosok negri yang sangat membutuhkan penerangan dan masih belum dijangkau oleh jaringan listrik yang disediakan PLN. Sebelum saya mengerjakan sekripsi saya ingin bergelut dibidang mikrokontroler bukan untuk membuat robot tapi saya ingin mencoba berbisnis dibidang aksesoris kendaraan seperti SIRINE dan lampu STROBO karena saya lihat banyak perakit sirine dan strobe tidak memiliki background ilmu elektro tp orang elektro tidak ada yang tahu nah dari situ saya ingin coba sebelum saya disibukan oleh sekripsi saya ingin masuk kedunia bisnis yang sebelumnya saya sudah coba karena komponennya yang sangat murah yaitu modal yang dipakai hanya paling mahal 100rb dan mereka kebanyakan menjual dengan harga diatas jutaan rupiah. Setelah saya mengerjakan dan lulus skripsi 4 thun kedepan target saya sendiri ingin mewujudkan cita-cita ingin membangun sebuah perusahaan dibidang elektro karena banyak peluang untuk mengikuti proyek-proyek sekala kecil maupun besar dibidang elektro seperti dalam pembangunan gedung dan perumahan kita bias menyodorkan proposal pemasangan intalasi listrik dan gedung serta masih banyak yang lain. Dibidang elektronika sendiri kedepannya saya ingin membuat sebuah  filter dimana dapat membaca detak jantung manusia dibawah reruntuhan longsor/life detector dan membuat sebuah sistem yang dapat memandu para penjinak bom dalam melacak dan menjinakan sebuah bom mengingat Indonesia banyak ancaman dari bom, karena umumnya sebuah bom memiliki control elektronika dan sebuah pemantik disitu seorang electrical engineering dibutuhkan untuk memecahkan masalahnya.

2.      Jurnal tentang kontrol peralatan elektronik jarak jauh berbasis web
Kontrol jarak jauh peralatan elektronik berbasis web sebagai media untuk mengontrol peralatan elektronik rumah tinggal. Untuk mengontrol peralatan elektronik melalui internet, user perlu membuka w e b b r o w s e r dan mengakses IP Server yang terhubung dengan peralatan elektronik. Setelah masuk mengakses web kontrol ini, pertama-tama user perlu memasukkan userid dan password -nya sebagai keamanan agar tidak sembarangan orang yang dapat mengakses sistem. Di komputer server terdapat sebuah data web yang berguna untuk mengendalikan peralatan elektronik dari jarak jauh. Untuk pembuatan web menggunakan aplikasi macromedia dreamweaver 8 dan  pembuatan program kontrol p a r allel p o r t menggunakan microsoft visual C++.  Sebuah web dapat mengontrol device - device dikarenakan web tersebut mengakses sebuah file berekstensi *. exe yang berfungsi untuk mengakses dan mengontrol parallel port. Pin-pin pada pada p a r allel p o r t yang berfungsi untuk mengontrol d riv e r r ela y adalah pin D0-D7 yang mengeluarkan data 8 bit. Pin tersebut mengeluarkan tegangan TTL yang berarti ketika pin berlogika 0 maka pin tersebut mengeluarkan range tegangan dibawah 0.8 volt, sedangkan ketika pin tersebut berlogika 1 maka pin tersebut mengeluarkan range tegangan di atas 2 volt. Dari tegangan p a r allel p o r t inilah yang akan membias transistor pada d riv e r r ela y yang mengakibatkan relay akan bekerja dan menyalakan atau mematikan peralatan elektronik di rumah tinggal. Sebuah web dapat menghidupkan atau mematikan peralatan elektronik karena pada web server terdapat script PHP yang berfungsi untuk menjalankan file * . e x e . File * . e x e tersebut berfungsi untuk mengontrol output digital dari port paralel yang berukuran 8 bit. Dari output digital port paralel tersebut terhubung ke rangkaian d riv e r r ela y yang berfungsi untuk menghubungkan daya peralatan listrik ketika pin o u t p u t digit al dari port paralel bernilai “1” dan memutuskan daya peralatan. 
Sumber Jurnal : jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mekanikal/article/download/5263/4017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar