Soal :
1.melalui pendidikan kewarganegaraan, warga-warga republik indonesia diharapkan mampu "memahami, menganalisa, dan menjawab masalah-masalah yang di hadapi oleh masyarakat,bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan pada pembukaan UUD 1945
1.melalui pendidikan kewarganegaraan, warga-warga republik indonesia diharapkan mampu "memahami, menganalisa, dan menjawab masalah-masalah yang di hadapi oleh masyarakat,bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan pada pembukaan UUD 1945
Jawab :
1. Pancasila sebagai dasar negara melalui proses yang panjang dalam perumusannya. Proses perumusan Pancasila yang dilakukan para tokoh telah memberikan pelajaran berharga bagi kita. Semua itu dilakukan dengan penuh nilai perjuangan dan diliputi dalam semangat kebersamaan.
1. Pancasila sebagai dasar negara melalui proses yang panjang dalam perumusannya. Proses perumusan Pancasila yang dilakukan para tokoh telah memberikan pelajaran berharga bagi kita. Semua itu dilakukan dengan penuh nilai perjuangan dan diliputi dalam semangat kebersamaan.
Dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara terdapat
nilai-nilai juang dan sebagai warga negara yang baik kita harus mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari yaitu antara lain :
Para pejuang tersebut memiliki jiwa dan semangat kejuangan yang
tinggi untuk merdeka. Pada pita yang dicengkeram burung garuda tertulis
“Bhinneka Tunggal Ika”. Artinya, meskipun berbeda-beda, kita adalah satu.
Perbedaan-perbedaan yang ada bukan menjadi penghalang untuk bekerja sama,
tolong-menolong, dan hidup rukun. Perbedaan-perbedaan itulah yang menjadikan
kita perlu saling mengenal, menghormati, menolong, dan bekerja sama. Jiwa dan
semangat kejuangan yang dimiliki oleh pejuang itu, di antaranya sebagai
berikut.
A. Jiwa solidaritas atau kesetiakawanan dari semua lapisan
masyarakat terhadap perjuangan kemerdekaan
B. Pro patria dan primus patrialis, yaitu selalu berjiwa untuk
tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air
C. Jiwa toleransi atau tenggang rasa antarumat beragama, suku,
golongan, dan bangsa.
D.Jiwa tanpa pamrih dan bertanggung jawab
E. Jiwa ksatria, kebesaran jiwa yang tidak mengandung balas
dendam.
Pancasila adalah dasar negara Indonesia, hal ini sesuai dengan
pembukaan UUD 1945 sekaligus sebagai sumber dari segala sumber hukum. Pancasila
tidak hanya sebagai jiwa bangsa Indonesia, juga sebagai kepribadian bangsa
Indonesia. Salah satu upaya nyata seorang pelajar dalam menghormati semangat
dan nilai-nilai kebersamaan dalam perumusan Pancasila adalah sebagai berikut :
A. belajar dengan
rajin
B. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
C. saling menghormati perbedaan
D. tidak semena-mena terhadap orang lain.
E. Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila
B. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
C. saling menghormati perbedaan
D. tidak semena-mena terhadap orang lain.
E. Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila
Ada beberapa nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar
negara yang perlu kita teladani dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Nilai kebersamaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1. Menghargai pendapat orang lain
Dalam menyelesaikan
masalah bersama, bangsa kita selalu menyelesaikan dengan musyawarah untuk
mencapai kata mufakat. Musyawarah merupakan pembahasan bersama dengan maksud
mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah. Setiap keputusan yang diambil
dalam musyawarah oleh bangsa Indonesia memiliki ciri-ciri sebagi berikut:
a. Mengutamakan kepentingan bersama
b. Tujuan diharapkan untuk kebaikan bersama
c. Tidak ada pemaksaan pendapat.
a. Mengutamakan kepentingan bersama
b. Tujuan diharapkan untuk kebaikan bersama
c. Tidak ada pemaksaan pendapat.
2. Menerima keputusan bersama
Keputusan bersama adalah ketentuan, ketetapan dan penyelesaian
yang dilakukan sekelompok orang terhadap suatu permasalahan sehingga tercapai
kesepakatan. Keputusan bersama dapat dicapai melalui musyawarah. Musyawarah
adalah adalah suatu cara untuk merumuskan suatu masalah berdasarkan kesepakatan
bersama. Upaya mencapai kesepakatan bersama (mufakat) bukanlah perkara mudah,
selama kita memaksakan pendapat sendiri, mendahulukan kepentingan
pribadi/golongan, mufakan akan gagal.
Kita dapat belajar dari sejarah sidang BPUPKI Pertama. Pada saat
sebelum rapat pleno ada pihak yang keberatan tentang rancangan Pembukaan UUD
1945 pada alinea keempat tentang dasar negara. Dengan semangat kebersamaan,
demi menciptakan suasana yang damai, maka para tokoh seperti Bung Hatta, Wahid
Hasyim. Mr. Teuku Moh. Hasan, dan lain-lain menyetujui untuk menghilangkan
kalimat sila pertama dasar negara yang menjadi keberatan sebagian peserta
sidang. Hal ini menunjukkan bahwa para tokoh pendiri negara kita senantiasa
mendahulukan kepentingan negara dan bangsa daripada kepentingan
pribadi/golongan.
3. Melaksanakan hasil keputusan bersama
Setelah semua pihak menerima hasil keputusan bersama, maka
langkah selanjutnya adalah melaksanakan keputusan tersebut. Semua pihak harus
ikhlas dan penuh tanggung jawab melaksanakan, hasil keputusan bersama.
Melaksanakan keputusan bersama telah ditunjukkan oleh seluruh
tokoh yang terlibat dalam proses perumusan Pancasila. Mereka senagai wakil
rakyat Indonesia melaksanakan hasil keputusan bersama denga ikhlas yaitu dengan
melaksanakan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan berbangsa,
bernegara, dan bermasyarakat.
Meneladani Nilai Juang
Perumusan Dasar Negara
Nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila yang dapat kita teladani dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut:
Nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila yang dapat kita teladani dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut:
1. Semangat persatuan
dan kesatuan
Sikap ini dimiliki oleh para tokoh pejuang kita pada saat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dalam sidang BPUPKI para peserta sidang diberi kesempatan untuk menyampaikan pidatonya tentang rumusan dasar negara, kemudian dibahas dan didiskusiakan bersama untuk mendapatkan rumusan yang terbaik. Musyawarah itu dijiwai semangat sumpah pemuda, dengan rasa persatuan dan kesatuannya meskipun berasal dari berbagai daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda. Contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut:
a. Gotong-royong dalam membersihkan kelas dan lingkungan sekolah
b. Tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan
c. Kerja bakti membersihkan lingkungan masyarakat.
Sikap ini dimiliki oleh para tokoh pejuang kita pada saat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dalam sidang BPUPKI para peserta sidang diberi kesempatan untuk menyampaikan pidatonya tentang rumusan dasar negara, kemudian dibahas dan didiskusiakan bersama untuk mendapatkan rumusan yang terbaik. Musyawarah itu dijiwai semangat sumpah pemuda, dengan rasa persatuan dan kesatuannya meskipun berasal dari berbagai daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda. Contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut:
a. Gotong-royong dalam membersihkan kelas dan lingkungan sekolah
b. Tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan
c. Kerja bakti membersihkan lingkungan masyarakat.
2. Memperjuangkan hak
asasi manusia
Pada saat perumusan dasar negara Pancasila, hak asai manusia selalu menjadi perhatian utama. Pancasila dirumuskan sebagai sumber hak asasi manusia, yang artinya bahwa hak asasi manusia mendapat jaminan kuat dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Dalam proses perumusan Pancasila para tokoh mencerminkan sikap saling menghargai hak asasi manusia.
Pada saat perumusan dasar negara Pancasila, hak asai manusia selalu menjadi perhatian utama. Pancasila dirumuskan sebagai sumber hak asasi manusia, yang artinya bahwa hak asasi manusia mendapat jaminan kuat dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Dalam proses perumusan Pancasila para tokoh mencerminkan sikap saling menghargai hak asasi manusia.
Sikap para tokoh dalam
memperjuangkan dan menghargai hak asasi manusia itu perlu kita teladani dalam
kehidupan sehari-hari. Diantaranya ialah dengan :
a. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
b. Memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
c. Menghargai hak-hak orang lain.
a. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
b. Memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
c. Menghargai hak-hak orang lain.
3. Cinta tanah air
Sikap para tokoh dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara menunjukkan kecintaanya terhadap tanah air Indonesia. Adapun sikap cinta tanah air yang harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:
a. Mempelajari kebudayaan daerah
b. Mencintai dan memakai produk dalam negeri
c. Berprestasi dalam kegiatan yang mengharumkan nama bangsa.
Sikap para tokoh dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara menunjukkan kecintaanya terhadap tanah air Indonesia. Adapun sikap cinta tanah air yang harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:
a. Mempelajari kebudayaan daerah
b. Mencintai dan memakai produk dalam negeri
c. Berprestasi dalam kegiatan yang mengharumkan nama bangsa.
4.Mendahulukan
kepentingan umum
Para pejuang yang terlibat dalam perumusan dasar negara bekerja tanpa mengenal lelah. Mereka mempersiapkan kemerdekaan beserta alat-alat perlengkapan negara dengan sungguh-sungguh. Sebagai hasil jerih payah mereka, lahirlah UUD 1945 yang di dalam pembukaannya termuat tujuan negara Indonesia. Semua itu dilakukan demi kepentingan bangsa dan negara. Adapun sikap mendahulukan kepentingan umum itu perlu kita teladani diantaranya dengan:
a. Ikut berpartisipasi dalam kerja bakti di lingkungan masyarakat
b. Menyiapkan sarana belajar sebelum pelajaran di mulai untuk kepentingan kelas.
Para pejuang yang terlibat dalam perumusan dasar negara bekerja tanpa mengenal lelah. Mereka mempersiapkan kemerdekaan beserta alat-alat perlengkapan negara dengan sungguh-sungguh. Sebagai hasil jerih payah mereka, lahirlah UUD 1945 yang di dalam pembukaannya termuat tujuan negara Indonesia. Semua itu dilakukan demi kepentingan bangsa dan negara. Adapun sikap mendahulukan kepentingan umum itu perlu kita teladani diantaranya dengan:
a. Ikut berpartisipasi dalam kerja bakti di lingkungan masyarakat
b. Menyiapkan sarana belajar sebelum pelajaran di mulai untuk kepentingan kelas.
5. Jiwa kepahlawanan
Jiwa kepahlawanan jelas tercermin dari sikap pejuang dalam proses perumusan Pancasila. Mereka memiliki sikap rela berkorban tanpa pamrih dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Jiwa kepahlawanan para tokoh bangsa tersebut dapat kita teladani, diantaranya melalui :
a. Membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan
b. Berani menegur teman yang berbuat tidak baik
c. Melerai teman yang berselisih/bertengkar.
Jiwa kepahlawanan jelas tercermin dari sikap pejuang dalam proses perumusan Pancasila. Mereka memiliki sikap rela berkorban tanpa pamrih dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Jiwa kepahlawanan para tokoh bangsa tersebut dapat kita teladani, diantaranya melalui :
a. Membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan
b. Berani menegur teman yang berbuat tidak baik
c. Melerai teman yang berselisih/bertengkar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar