Rabu, 09 Maret 2016

Tugas Pendidikan Kewarganegaraan



1Nama: Dimas Panji Wira Hardi
  NPM : 13414112
  Kelas: 2IB04
  1. Pentingnya pendidikan pancasila bagi pendidikan tingkat Universitas/Mahasiswa perlu dituntut untuk dapat bertindak secara bertanggung jawab. Mereka tidak hanya bertindak atas dasar peraturan perundangan yang ada, melainkan menyadari bahwa tindakan yang dipilihnya memang merupakan tindakan yang bernilai. Berkaitan dengan pengamalan Pancasila, mereka bertindak sesuai dengan Pancasila bukan hanya karena ditunjukkan bahwa Pancasila itu baik, melainkan mereka diharap telah mencerna dengan akalnya serta berkeyakinan bahwa Pancasila sungguh bernilai bagi dirinya serta seharusnya layak diamalkan. Mereka diharap dapat memahami dan menghayati bahwa Pancasila sungguh-sungguh bernilai, dan akhirnya mendorong dirinya untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Perguruan Tinggi memiliki orientasi ideal yang harus terus di pupuk dan dikembangkan yaitu membentuk kader yang dibutuhkan oleh negara dan masyarakat bagi tercapainya tujuan umum bangsa Indonesia yang hendak mencapai terciptanya suatu masyarakat yang berdiri atas satu corak kepribadian, yaitu kepribadian Indonesia, sebagai jaminan untuk membangun kultur dan penjaga nilai ideologi bangsa. Tujuan tersebut berarti mendidik masyarakat (civitas akademika) yang memiliki keseimbangan intelektual yang nasionalis (rasa memiliki terhadap tanah air), moralis dan spiritual.
22. Kopetensi diartikan sebagai seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seseorang agar ia mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tetentu. Kopetensi lulusan pendidikan kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari seorang warga negara dalam hubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat , berbangsa dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsafah bangsa, wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional. Sifat cerdas yang dimaksud tersebut tampak pada kemahiran, ketepatan, dan keberhasilan bertindak, sedangkan sifat bertanggung jawab tampak pada kebenaran tindakan, di titik dari nilai ilmu pengetahuan dan teknologi, etika maupun kepatutan ajaran agama dan budaya.
33. Sebagai Mahasiswa Teknik Elektro kontribusi yang akan saya berikan kepada Negara kesatuan republik Indonesia yaitu ikut serta dalam pembanguan dibidang penerangan seperti dikehui bahwa belum semua wilayah Negara kesatuan republic Indonesia tersentuh aliran listrik bahkan didaerah yang sumber daya terbarukannya melimpah seperti: Ari,Angin,Gas,Matahari,Dll. Seharusnya sumber daya seperti itu harus dimaksimalkan selain sumbernya yang melimpah tapi juga ramah lingkiungan tidak berbahaya bagi alam sekitar pembangkit. Kami sebagai calon electrical engineering akan berusaha menciptakan inovasi baru yang berguna bagi bangsa Indonesia dan memaksimalkan sumber daya yang ada agar pembangunnan diindonesia merata dan setiap jengkalnya tersinari cahaya lampu setiap malamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar